Numpang PROMOSI usaha CETAK UNDANGAN saya :

CETAK UNDANGAN Unik, Exclusive dengan Harga Relatif MURAH Silahkan mampir ke Web saya :

7/21/2008

MenghiLangkan Virus berbentuk FoLder secara manuaL!!!

Mungkin ini adalah hal mudah bagi oM, tante, Mas, mBa, Kakak, Abang, dkk yang sering makan bergelut dengan kompuTer. Tapi dari survei saya seLama hampir dua tahun di sebuah warnet. haL ini masih banyak yg beLum mengetahuinya, terutama bagi orang-orang yg awam akan komputer.

Postingan ini hanya sekedar berbagi dan menceritakan pengalaman saya aja,yah syukur-syukur kaLo bisa membantu coZ banyak juGa oRang yg bertanya tentang haL ini kepada saya, baik lewat sms, nelpon, chating, ataupun mendatangi saya langsung dalam mimpi basah (haLah!!!)... Jadi mimPi basah itu adaLah...(Lho kok nyasaR???) he,he..


Kasus-Kasus nya seperti ini :

Pada Flashdisk, MMC, atau removable disk lainnya, terdapat Folder biasa yang jika di-KLik, Folder tersebut tidak terbuka atau terkadang malah membuka jendela explorer baru...
Atau jika saLah satu Folder tersebut kita haPus, setelah 3tahun beberapa saat, Folder yg kita hapus tadi muncuL kembaLi... (dalam bahasa Jermannya adalah: muncuL maning, muncuL maning!!!)


Nah dari kasus seperti itu kiTa harus curiga, bahwasanya virus telah merasuk ke dalam komputer kita...

Gimana caRa mengetahuinya????
Mudah, caRanya masuk ke Windows Explorer, Lalu pada icon (tomboL) Views piLih Details. seperti gamBar di baWah ini (klik untuk memperbesar):


setelah tampilan explorer berubah menjadi DetaiLs, Perhatikan bagian Name, Size, Type, Date Modified dari Folder-folder tersebut. Jika terdapat suatu Folder namun ber-Type Application dan memiliki size 53Kb (atau berapa pun) bisa di Pastikan bahwasanya FOLDER-FOLDER tersebut adaLah VIRUS. Untuk Lebih jeLas membedakan mana Folder yg AsLi & mana yg Virus, bisa diLihat pada gambar ini :


atau yang ini



giMana??? benarkah anda teLah terinfeksi virus HIV...???? eh saLah,he,he maksudnya : Benarkah koMputer anDa teLah terinfeksi Virus yang benbentuk Folder tersebut??? JikaLau benar!!! Lalu bagaimana caRa menYembuhkan kompuTer anDa??? caRanya adaLah Bawa komputer anDa ke Tukang Service Komputer, he,he, saya jamin pasti dia bisa. tapi itukan membutuhkan biaya!!! (emang... jaman sekarang gratisan??? kencing aja Bayar!! ha,ha,ha).

Okeh!!! cuKup basa-basi nya, seKarang serius ya!!!
ROCKER JUGA MANUSIA... PUNYA RASA PUNYA HATI... (woy! woy! itumah Serieus Band). Okeh cuKup!!!!!
Sekarang Mari kita hiLangkan Virus tersebut!!!
Cara pertama yang saya coBa adaLah dengan menggunakan Anti Virus, kebetuLan aNti Virus yang saya pake adaLah AVG yang saya Update setiap saaT, namun hasiLnya adalah NOL BESAR... viRus nya ga kedetek sama sekali!!! begitupun dengan AV yang Lain seperti Norton, McAfee, dsb.

Karena saya slalu menggunakan SMADAV jikalau AVG saya udah ga bisa, dan ternyata dengan SMADAV virus itu kedetek waktu diScan dan bisa dihaPus semuanya! Beres?? YupZ, uDah beRes!! Virusnya uDah hiLang. Hore!!!

LaLu bagaimana dengan Folder saya yg asLi?? HiLang juGa??
Jawabannya adaLah........iya!! he,he,he becanda deNg... sebenernya Folder kita itu bukan berubah menjadi viRus, melainkan Sang Viruslah yang berubah menyerupai Folder-folder kita dan sang Virus memberikan attribut pada Folder tersebut menjadi SUPER HIDDEN. jadi walaupun di Folder Option Windows nya udah di Show Hidden Files, tetep aja Folder kita engga akan nampak!!!! untuk caRa mengembaLikannya akan saya TuLis di akhir kiSah ini, karena saya akan sedikit menjelaskan (banyak juga seH sebenernya...), cara Menghilangkan Virus ini secara Manual. Kenapa secara manuaL??? yah kan bisa aja misalnya kaLian sedang tidak membawa senjata (antivirus) dan kebetuLan engga ada koneksi internetnya, ya Toh!!!! Toh iya!?!?

Langsung aja aH, caranya adaLah begini :
Bawa Flashdisk atau MMC anda ke Komputer yang bersih dari Virus, bagaimana cara mengetahui bahwa komputer itu bersih dari virus?? Ya tanya duLu ama yang punya komPuternya, (gitu aja kok repot!!), setelah itu haPus semua Folder Virus tersebut hingga ke Sub-sub Foldernya. Look at This :
Lalu Hapus like this :



SeteLah di semua Virusnya diHapus, mari kita kembaLikan Folder-folder yang di sembunyikan oleh virus. Caranya adaLah : kLik tomboL start Windows, Lalu pilih RUN, setelah muncuL ketikkan CMD(enter) untuk masuk ke Command Prompt. seLain itu, untuk masuk ke Command Prompt windows bisa dilakukan dengan mengklik tomboL Start - Program - Accessories - Command Prompt.

kaLo uDah masuK di Command Prompt, masuk ke drive Flashdik ataupun MMC tadi. jiKa Flasdisk atau MMC nya di drive F (F:\), maka ketik F:(enter). seteLah masuk ke Drive F:\, ketikan attrib -s -r -h *.* /s /d(enter). tunggu beberapa saat hingga muncuL kembaLi F:\
tampiLan command prompt nya kurang lebih akan seperti ini :



seTeLah seLesai... masukLah ke drive Flashdisk atau MMC anda, dan InsyALLoh Folder anda akan muncuL kembaLi seperti sedia kaLa. kaLo engga bisa juGa, ada kemungkinan bahwasanya komputer teman anda udah kena virus juGa,he,he, atau bisa juGa Tulisan saya ada yang NGaco,he,he... waLaupun terlalu panjang dan ga jeLas, semoga postingan saya ini berguna bagi Nusa dan Bangsa... Amin!!!

NB:
seLain Virus yang berbentuk Folder, cara ini juga bisa di gunakan untuk Virus-virus LokaL yang berbentuk Screen Saver, Microsoft Word Document, dan yang Lainnya. kaLO ga saLah yang terbaru itu berbentuk File gambar deH (.jpg).
Untuk menghindari Virus-virus tersebut adalah :
Tekan tombol Shift saat memasukan CD, Flashdisk, atapun Lainnya untuk mematikkan fungsi Autorun.
jangan Langsung meng-KLik File-file ataupun Folder pada Windows Explorer sebelum kita menampilkannya dalam bentuk Views.

apalagi ya???
uDah aH segitu aja,kaLo ada yg mau nanya-nanya, ataupun meng-koreksi silahkan komen aja, atau tulis shoutbox, atau chat aja ya!!


staTus YM saya :

status ym
ID = bani_kodok

Wassalamualaikum Wr.Wb

9 comments:

Uud a.k.a Yudha said...

hehe, cara paling mudah ya gini:
1. pinjem kompie temen yang master harddisk ngga ada virus.
2. search kata kunci *.exe,*.com,*.scr
terus, delet deh.
cuman saran aja kok mas.:P

Bani "BBoy Kodok" said...

waH terNyata yg paLing muDah itu emang pake SMADAV Lho...

tadi soRe saya baRu nyoBa buat bersihin MMC temen saya,waLaupun di Kompie Nya udah kena Virus kayak gitu,jadi ga perlu minjem-minjem kompie oRang...

TinggaL di piLih aja Direktori/Drive nya,udah gitu di Scan... di Jamin Virusnya ke detek semua,,,

enaknya Lagi kiTa ga PerLu pake command prompt buat namPiLin Folder/File yang di Hidden ama Virusnya,taPi si SMADAV udah oTomaTis benerin File, Folder, & Registry yg di acak-acak ama si Virus iTu...

BeneRan Lho... suMpah daH,he,he

Bani "BBoy Kodok" said...

@ UUD aka Yudha:
search kata kunci *.exe,*.com,*.scr
terus, delet deh.


kaLo fiLe *.exe,*.com, *.scr nya ternyata bukan Virus berarti nanti hiLang donk!!!

kan engga semua file *.exe itu virus,he,he...

vando said...

Si atenk bawa kayu....cape kata si ateng soalnya kayunya berat2..hehehe..

Thenkyu bos for advice n panduanya..finally bisa sembuh...

uguns said...

antivirus yang paling ampuh anti virus apa ya...
cz warnet w kna virus trus nich...

Anonymous said...

mas…nanya donk..
saya waktu itu iseng2 download smadav…
terus d scan muncul 4 virus, 2 registry, sama 1 hidden file sudah saya clean pake smadav. tp wkt d scan ulang lg, muncul lagi (yang sblm’y udah sering d scan sama microsoft essential tp ga ada notifikasi klo laptop saya ada virus apa itu virus lokal?).
abis d scan sama smadav, saya buka folder2 terutama d ‘C’ ada folder2 yg berbayang gitu, samar2, tapi isinya kosong dan sebagian ada yg ga bisa d buka. apa itu virus?
klo iya, gmn cara bersihinnya?
thx b4 buat info’y..

Anonymous said...

mas…nanya donk..
saya waktu itu iseng2 download smadav…
terus d scan muncul 4 virus, 2 registry, sama 1 hidden file sudah saya clean pake smadav. tp wkt d scan ulang lg, muncul lagi (yang sblm’y udah sering d scan sama microsoft essential tp ga ada notifikasi klo laptop saya ada virus apa itu virus lokal?).
abis d scan sama smadav, saya buka folder2 terutama d ‘C’ ada folder2 yg berbayang gitu, samar2, tapi isinya kosong dan sebagian ada yg ga bisa d buka. apa itu virus?
klo iya, gmn cara bersihinnya?
thx b4 buat info’y..

robin.go.blog said...

bang, ini saya punya flashdisk terus pas diisiin data subfoldernya jadi begini namanya "±±±±±±±±.±±±" terus pas saya coba delete ga bisa. tolong dong pencerahannya...

Bani Mahgribi said...

Maaf baru sempet bales :D

@robin.go.blog :
1) coba pakai flashdisk lain, masih begitu atau tdk, kalo masih seperti itu ada kemungkinan komputer anda sudah terkena virus. Maka harus di scan (dan hapus virusnya) pada komputer/laptopnya terlebih dahulu.

2) setelah itu pada saat mencolokan flasdisk, tekan tombol SHIFT pada keyboard selama kurang lebih 10 detik. ini fungsinya agar autorun pada flashdisk tidak dijalankan.

3) biasakan untuk tidak membuka drive flasdisk dengan cara klik 2x pada drive:\ removable, tapi bukalah dengan mengklik 1x pada bagian explorer di sebelah kiri.

4) coba Hapus kembali, kalo masih belum bisa, coba masuk ke command promt (DOS mode) dengan cara tekan tombol Windows+R, lalu ketik CMD (enter), setelah itu masuk ke drive flasdisknya dengan cara mengetik misalnya "E:(enter)" tanpa tanda kutip, setelah itu ketik "DEL/F/S/A(spasi)±±±±±±±±.±±±(enter)".

semoga bisa bermanfaat!
kalo tidak berhasil mungkin bisa menghubungi saya via YM : bani_kodok

Terimakasih

Popular Posts